Untuk Membantu Peningkatan UMKM di Desa Kukuh Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur lakukan Penyuluhan Aplikasi E-commerce kepada Warga.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh pelaku usaha baik secara kelompok maupun dilakukan secara individu. Indonesia sebagai negara berkembang menjadikan UMKM sebagai pondasi utama sektor perekonomian masyarakat diseluruh provinsi, salah satu nya UMKM yang ada di Desa Kukuh.

Desa Kukuh merupakan suatu desa yang ada di Provinsi Bali dimana sebagian besar warga disana memiliki usaha pribadi mulai dari usaha kecil hingga menengah. Namun pada saat pandemi lalu UMKM di Desa Kukuh ini sedang mengalami penurunan dalam penjualan hingga sebagian pelaku usaha sempat mengalami kerugian dengan jumlah yang tidak sedikit. Dari hal tersebut Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan suatu proyek untuk membantu dan meningkatkan kembali Penjualan dan pemasaran produk UMKM di Desa Kukuh. Proyek ini diawali dengan pengumpulan data, Dari hasil data yang telah dikumpulkan Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur mulai melakukan perancangan sistem menjadi aplikasi berbentuk web yang akan menjadi jembatan untuk para Warga Desa Kukuh dalam mempromosikan penjualan menjadi lebih luas lagi. Aplikasi ini bernama E-Commerce BUMDes Kukuh.

Pada bulan Oktober lalu Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur mendatangi Desa Kukuh untuk melakukan Penyuluhan dan Pendampingan dalam Penggunaan aplikasi yang telah dirancang. Penyuluhan tersebut dilakukan di Balai Serba Guna Desa Kukuh dan dilaksanakan pada 30 Oktober 2022. Sebelum dilakukan penyuluhan kepada warga aplikasi e-commerce yang dirancang telah melewati proses percobaan dan perbaikan terlebih dahulu.

Penyuluhan dan Pelatihan tersebut diikuti oleh pengurus BUMDes dan sebagian warga Desa Kukuh, tidak hanya itu beberapa Mahasiswa STIKI Indonesia juga ikut menghadiri pelatihan ini. Penyuluhan tersebut dimulai dengan memperkenalkan aplikasi e-commerce kepada warga Desa Kukuh yang dilanjutkan dengan melakukan percobaan aplikasi oleh warga Desa Kukuh yang didampingi Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur.

Vanessa Afyta F yang merupakan salah satu mahasiswa dari UPN “Veteran” Jawa Timur yang ikut turun dalam proyek ini mengatakan bahwa ia merasa bersyukur dengan adanya proyek independen ini.

“Seneng banget kak bisa ikut proyek ini, ga nyangka bisa ikut berkontribusi untuk masyarakat. Semoga adanya proyek ini bisa meningkatkan pendapatan warga dan mengembangkan usaha mereka” Ucap Vanessa saat berbincang dengan salah satu mahasiswa STIKI Indonesia.

Para warga melakukan percobaan aplikasi dengan antusias yang tinggi mengenai aplikasi E Commerce. Hal ini dibuktikan dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada tim Proyek Independen Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jawa Timur, beberapa dari mereka berinisiatif untuk mencatat materi-materi yang diberikan.

Salah satu Warga Desa kukuh mengatakan bahwa dengan adanya e-commerce tersebut sangat memberikan manfaat terlebih warga dapat melakukan pemasaran yang lebih luas lagi, warga juga mendoakan agar kedepannya sesuai dengan perkembangan zaman mahasiswa-mahasiswa dapat membuat inovatif yang selalu berguna untuk masyarakat.

“Terimakasih Banget kepada pihak UPN, adanya aplikasi ini bisa membantu warga desa dalam mengembangkan bisnis mereka. Semoga dengan berkembangnya jaman nanti banyak teknologi yang bisa bantu dan berguna selalu untuk masyarakat”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *