Sosialisasi dan Kunjungan Mahasiswa UPN”Veteran” Jawa Timur Ke Bumdes Kukuh Untuk Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web

Foto Bersama dengan pihak Bumdes

Beberapa Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Prodi Informatika mengikuti program Matching fund pada “Bumdes Sarining Winangun Kukuh” di Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Bali Pada 29 Oktober 2022 untuk melakukan kunjungan langsung kepada pihak Bumdes.

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melihat langsung bagaimana bisnis yang dilaksanakan oleh Bumdes Kukuh, serta mengumpulkan kebutuhan-kebutuhan apa saja yang dapat dikembangkan menjadi suatu sistem informasi berbasis web yang akan dibuat oleh mahasiswa tersebut.

Hendra Maulana, S.Kom., M.Kom. dan Made Hanindia Prami Swari, S.Kom., M.Cs Merupakan dosen pembimbing dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Pada program ini di ikuti oleh 10 Mahasiswa dari program studi informatika.

Kunjungan ke Bumdes kukuh

Selama Kunjungan di Bumdes Kukuh, mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur Bertemu dengan bapak direktur bumdes yaitu I ketut sujaya beserta jajarannya untuk mencari berbagai sumber informasi mengenai bumdes tersebut untuk mengalisis kebutuhan yang akan di terapkan pada sistem supply chain management dan e commerce. sehingga kami diterima oleh pimpinan Bumdes Kukuh yang membawahi berbagai unit usaha yang ada di desa tersebut, seperti unit usaha pertokoan, unit usaha produksi, serta unit usaha jasa. Mahasiswa tersebut juga mendapat kesempatan untuk melihat langsung proses bisnis dan distribusi produk-produk yang dihasilkan oleh Bumdes Kukuh.

Nadila Intan Puspitasari, sebagai salah satu mahasiswa yang ikut serta dalam kunjungan tersebut mengatakan bahwa dengan melakukan kunjungan ini menjadi sangat bermanfaat untuk mahasiswa yang berperan pada pengembangan sistem yang akan di buat. sehingga dirinya mengatakan bahwa hal ini termasuk bentuk upaya langsung sebagai mahasiswa untuk dapat berkontribusi kepada masyarakat.

Dengan demikian, mereka mengucapkan terima kasih kepada bapak direktur bumdes dan bapak kepala desa beserta jajarannya yang telah memberikan kesempatan kepada kami mahasiswa upn veteran jawa timur dalam pengembangan sistem informasi berbasis web untuk proses bisnis warga kukuh, tabanan bali. Dalam kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan usaha di Bumdes Kukuh serta menjadi salah satu sumbangsih positif bagi pengembangan desa tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *