Untuk Membantu Peningkatan UMKM di Desa Kukuh Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur  lakukan Penyuluhan Aplikasi E-commerce kepada Warga desa Kukuh, Tabanan Bali

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Melalui kebijakan ini, Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk praktek secara langsung di lapangan.

Pada 30 Oktober 2022 Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur mendatangi Desa Kukuh untuk  melakukan Penyuluhan dan Pendampingan dalam Penggunaan aplikasi yang telah dirancang.  Mereka didampingi oleh 2 dosen pembimbing yaitu Hendra Maulana, S.Kom., M.Kom. dan Made Hanindia Prami Swari, S.Kom., M.Cs.

Desa Kukuh merupakan suatu desa yang ada di Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Masyarakat desa Kukuh mempunyai beberapa mata pencaharian, salah satunya adalah wirausaha. Barang yang mereka dagangkan bervariasi, mulai dari makanan jadi, kebutuhan pokok, hingga alat pancing, tetapi saat pandemi mewabah, pemasukan pelaku usaha tersebut menurun. Dari hal tersebut Mahasiswa  UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan suatu proyek untuk membantu dan meningkatkan kembali  Penjualan dan pemasaran produk UMKM di Desa Kukuh. Proyek ini diawali dengan pengumpulan  data, setelah itu dari hasil data yang telah dikumpulkan Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur mulai  melakukan perancangan sistem menjadi aplikasi berbasis web yang akan menjadi jembatan untuk  para Warga Desa Kukuh dalam mempromosikan penjualan menjadi lebih luas lagi. Aplikasi ini  bernama E-Commerce BUMDes Kukuh.

Penyuluhan dan Pelatihan tersebut diikuti oleh pengurus BUMDes dan sebagian warga Desa Kukuh,  serta ada beberapa Mahasiswa STIKI (Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia) yang juga menghadiri acara ini. Penyuluhan  tersebut dimulai dengan memperkenalkan aplikasi e-commerce kepada para peserta yang hadir setelah itu  dilanjutkan dengan melakukan percobaan  aplikasi secara langsung oleh para peserta yang didampingi  Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur. Ahsan Nashihul Karim, adalah salah satu mahasiswa yang ikut mendampingi, dengan antusias dia memberi penjelasan tentang aplikasi E-Commerce BUMDes Kukuh.

Para warga melakukan percobaan aplikasi dengan antusias yang tinggi mengenai aplikasi E Commerce. Hal ini dibuktikan dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada tim Proyek  Independen Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jawa Timur, beberapa dari mereka berinisiatif untuk  mencatat materi-materi yang diberikan.

Salah satu Warga Desa kukuh mengatakan bahwa dengan adanya e-commerce tersebut sangat  memberikan manfaat yang banyak kepada mereka, salah satu yang disebutkan oleh mereka adalah warga dapat melakukan pemasaran yang lebih luas lagi. Warga desa Kukuh  juga  berharap dan juga memberi doa mereka agar kedepannya mahasiswa-mahasiswa dapat  membuat hal- hal inovatif yang selalu berguna untuk masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *