Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur Dalam Pengembangan Sistem Bank Ternak Daalam Kegiatan Matching Fund

Mahasiswa Ilmu Komputer Upn Veteran Jawa Timur lakukan sosialisasi dan pendampingan penggunaan aplikasi Bank Ternak sebagai salah satu bentuk cara untuk membantu para peternakdi Desa Sarining Winangun Kukuh, Kecamatan Kerambitan, Kota Bali. Kegiatan ini adalah sebuah bentuk proyek independen yang dilaksanakan untuk membantu para UMKM di Desa Kukuh dalam meningkatkan usaha peternakan mereka lakukan selama ini.

Tujuan kegiatan ini dilakukan agar peternak dapat menngembalikan konsdisi peternakan mereka yang sempat terpuruk dikarenakan pandemi corona yang menjalar ke semua wilayah dan menyecari serta menyediakan pasar yang dapat mereka gunakan untuk menjual hewan ternak yang mereka pelihara sebelumnya. Pada kegiatan ini terdapat berbagai macam website yang dikelola seperti SCM yang digunakan untuk mempermudah pengelolaan stock yang ada, serta terdapat juga bagian E commerce yang dilakukan untuk melakukan penjulana yang berada Desa Sarining Winangun Kukuh.

Dokumentasi Penyuluhan Kepada Masyarakat

Dokumentasi Penyuluhan Kepada Masyarakat

Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur yang terlibat pada kegiatan ini pertama tama melakukan pengumpulan dan perancangan website tersebut, lalu melakuakn implementasi dalam bentuk website. Selanjutnya, para mahasiswa membuat manual book dengan tujuan mempermudah pemahaman kepada masyarakat, kemudian para mahasiswa melakukan penyuluhan kepada masyarakat desa mengenai website tersebut.

Dokumentasi Pelatihan Kepada Masyarakat

Dokumentasi Pelatihan Kepada Masyarakat

Muhammad Ghifari Alifian Salah satu mahasiswa yang terlibat pada kegiatan tersebut mengatakan sangat bersyukutr dapat terlibat pada kegiatan tersebutkarena melihat keantusiasan dari warga yang menyambut kegiatan tersebut, bagi warga kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pengembangan desa.

“Dengan adanya website ini diharapkan masyarakat dapat terbantu sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa ini sehingga kesejahteraan warga desa ikut meningkat” ucap Ghifari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *