Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Lakukan Penyuluhan  sistem informasi keuangan  BUMDes Sarining Winangun Kukuh.

Pada hari Minggu, 30 Oktober 2022, rombongan mahasiswa /i dan 2 dosen dari UPN Veteran Jawa Timur melakukan penyuluhan penggunaan sistem informasi keuangan kepada pengurus BUMDes Sarining Winangun Kukuh yang berada di lingkungan Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Bali.

Penyuluhan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan pengembangan dari sistem proses bisnis pada BUMDes Sarining Winangun Kukuh menjadi sebuah sistem informasi berbasis web dan terintegrasi.

Kegiatan tersebut dimulai dari sambutan dari Bapak Kepala Desa Kukuh yaitu Bapak I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom., M.Pd. Pengurus BUMdes dan sebagian dari warga Desa Kukuh ikut berpartisipasi dalam penyuluhan sistem tersebut.

Topik pertama membahas mengenai pengenalan sistem informasi keuangan kepada pihak pengurus BUMDes. Kemudian untuk topik selanjutnya berupa pelatihan penggunaan sistem informasi keuangan BUMDes. Setelah adanya penyuluhan sistem informasi keuangan BUMDes kepada warga yang sudah hadir, dilakukan sesi tanya jawab.

Banyaknya pertanyaan yang dilontarkan menjadi bukti akan antusiasnya pihak pengelola BUMDes akan pengembangan sistem informasi tersebut. Tidak hanya pihak BUMDes dan warga Desa Kukuh saja, Alifia Rahayu yang merupakan salah satu mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur ini juga antusias dan bersyukur karena dapat ikut serta selama proyek independen matching fund BUMDes Kukuh ini berlangsung.

Tim UPN akan tetap memberi dukungan dan bantuan kepada Bumdes agar penggunaan sistem dapat berjalan baik dan efisien. Dengan adanya sistem informasi berbasis web dan terintegrasi, kami harapkan Bumdes dapat lebih maksimal dalam mengelola proses bisnisnya, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Kukuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *