Aksi mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur dalam mengembangkan Sistem Bank Ternak di BUMDes Sarining Winangun Kukuh.

Dokumentasi Kunjungan ke BUMdes Sarining Winangun Kukuh

UPN Veteran Jawa Timur dengan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) mengadakan program MBKM memulai Proyek Independen. Proyek ini adalah Matching Fund BUMdes di Sarining Winangun kukuh di Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Bali. Kegiatan berikut dimulai dari bulan Agustus hingga Desember 2022. Pengembangan sistem bank ternak dari BUMDes Sarining Winangun Kukuh memiliki tujuan untuk mengelola keuangan agar  menjadi sistem informasi terintegrasi.

            Program yang dilaksanakan ini terdiri dari 10 mahasiswa dan 2 dosen yang menjadi pembimbing dalam melaksanakan matching fund yang dilaksanakan di Desa Kukuh. Hendra Maulana, S.Kom., M.Kom. dan Made Hanindia Prami Swari, S.Kom., M.Cs merupakan dosen yang dipercayai UPN Veteran Jawa Timur untuk membimbing mahasiswa menyelesaikan proyek independent tersebut.

            Tujuan dari terlaksana kegiatan ini adalah meningkatkan usaha peternakan dan memudahkan pengusaha hewan ternak dalam mengelola.Pelaksanaan program ini bisa jadi salah satu bentuk dari dukungan UPN Veteran Jawa Timur untuk mengembangkan bisnis dari BUMdes Sarining Winangun Kukuh. Diharapkan setelah melakukan pengembangan terhadap sistem ternak BUMdes dapat meningkatkan keefektivitasan dalam mengelola bisnis untuk warga dari Desa Kukuh sendiri.

Muhammad Fauzan, merupakan salah satu mahasiswa yang turut serta dalam program ini mengatakan bahwa dirinya bersyukur telah dapat ikut serta dalam melaksanakan program ini, karena baginya program ini merupakan salah satu contoh bentuk upaya langsung nya sebagai mahasiswa untuk dapat berkontribusi kepada masyarakat.

UPN “VETERAN” Jawa Timur menyambut baik kegiatan program MBKM Proyek Independen Matching Fund ini terutama mahasiswa yang ikut serta dalam MBKM ini, berharap kegiatan ini dapat memberi banyak manfaat bagi Bumdes Sarining Winangun Kukuh dan masyarakat Desa Kukuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *